Sunday, April 17, 2016

Tugas 7 MPPL F - Manajemen Waktu Proyek Sistem Informasi Akademik dengan Menggunakan Borland Delphi ( Jurusan Teknik lndustri Universitas Widyatama)

5113100001 Muhammad Adnan Yusuf
5113100165 Donny Aliyanto

Manajemen Waktu
Manajemen Waktu Proyek Sistem Informasi Akademik dengan Menggunakan Borland Delphi ( Jurusan Teknik lndustri Universitas Widyatama)


Teknik Pengembangan yang dipilih : Teknik Waterfall

Cara Kerja : Developer melakukan analisa terhadap kebutuhan kepada stakeholder lalu developer melakukan pembuatan desain secara global untuk dibuatkan prototype termasuk pengujian oleh tester dan penyempurnaan setelah itu ditunjukan kepada stakeholder dan dilakukan evaluasi apabila stakeholder sudah setuju dengan prototype yang ditunjukan maka developer melakukan implementasi, instalasi dan training user.

Metode Rekayasa Perangkat Lunak  dengan Model Waterfall
Pengembangan      sebuah     sistem    informasi     berbasis     komputer     dapat menggunakan   beberapa  metode  sebagai  acuan.  Setiap  metode  akan  dibagi       menjadi   tahapan-tahapan    yang   akan  memudahkan    dalam  pembangunan sistem informasi.   Metode  yang sering juga  disebut metode  "waterfall"  atau "classi life  cycle"   ini  menggunakan    pendekatan    yang   sistematis   dan sekuensial    dalam    membangun    perangkat    lunak    yang    dimulai    pada rekayasa  sistem  dan pengembangan   melalui  tahapan  analisis,  perancangan, pengkodean,   pengujian  dan pemeliharaan.

Keterkaitan  tahapan-tahapan   pengembangan   perangkat  lunak  dapat  dilihat lebihjelas   pada gambar berikut:



Gambar  1:  Metode  RPL  dengan  Metode   Waterfall

•    Rekayasa  Sistem

Tahapan  awal yang dilakukan  adalah  merumuskan  sistem   yang akan dibuat.  Rekayasa  sistem ini bertujuan  agar pengembanga benar-benar mengerti  sistem  yang  akan dibuat  dan langkah-langka serta kebijaksanaan   apa saja yang akan berkaitan  dengan pengembanga sistem.

•    Analisis

Tahapan  kedua  adala analisis,    yang  berkaitan   dengan  proses    dan  data yang    diperlukan    oleh    sistem    sert keterkaitannya.     Pemodelan    yang digunakan  pada  analisi ini adalah  pemodelan  dengan  menggunakan   Data Flow  Oriented  dengan  tool Data Flow Diagram  (DFD).
Tujuan dilakukannya  tahapan  ini adalah:

 Memahami  sistem  yang ada saat ini

 Mendefinisikan    permasalahan  sistem
-  Menentukan   kebutuhan   sistem  secara  garis  besar  sebagai  persiapan   ke tahapan  perancangan.

•    Perancangan

Tahapan  ketiga adalah  perancangan  sistem,  dilakukan  setelah mendapat gambaran  yang jelas  dari sistem yang akan dibuat. Tahapan  perancangan ini dilakukan  untuk memberikan  gambaran  umum yangjelas  kepada pengguna  dan rancangan  bangun  yang lengkap tentang  sistem yang akan dikembangkan  kepada pihak-pihak  yang terlibat  dalam pengembangan sistem.

Dalam   tahapan    perancangan    sistem    ini    dibagi    menjadi    dua yaitu perancangan   global  dan perancangan   rinci.  Perancangan   global  dilakukan untuk  memberikan  gambaran  umum kepada pengguna  tentang  sistem yang dirancangdan      sebagai     persiapan     untuk     tahap     perancangan      nnci. Perancangan  rinci  dilakukan  untuk  memberikan  gambaran  rancang  bangun yang  lengkap  kepada  pemrogram  dan pihak-pihak  laiyang terlibat  dalam pengembangan   sistem  sebagai persiapan   untuk tahap  implementasi.
•    Implementasi

Setelah  mendapatka gambaran  yang jelas  tentang  rancang  bngusistem, kenudian  dilakukan  implementas rancangan   sisstem   ke dalam  kode-kode dalam    bahasa    pemrograman.     Pada   tahap    ini    dilakukan    pembuatan komponen-komponen sistem yang meliputi implementasi modul-modul program,  antarmuka  dan basis  data.

•    Pengujian

Tujuan    dilakukan    tahapan    pengujian    ini    adalah   untuk   mendapatkan perangkat  lunak yang benar-benar  valid dan sesuai dengan kebutuhan  yang sudah dideskripsikan.


•    Pemeliharaan

Setelah dilakukan  pengujian  dan sistem diyakini benar-benar  memenuhi persyaratan,  selanjutnya  sistem  tersebut  didistribusikan   kepada  pengguna. Hal  ini tidak  berarti   bahwa  pekerjaan  pengembanga selesai,    akan tetapi masih  terdapat  pemeliharaan   sistem  yang  harus  dilakukan.  Pada tahap  ini juga  dilakukan  evaluasi  terhadap   sistem  yang  baru untuk  melihat  apakah sistem yang telah  memenuhi  tujuan  yang  ingin dicapai.  Dari hasil  evaluasi ini  memungkinkan   dilakukan   perubahan-perubahan    yang  perlu  terhadap sistem yang ada

1. Definisi aktivitas


 





Maka dari mindmap tersebut dapat didaftar aktifitas yang harus dilakukan diantaranya:

Membuat Pengajuan Proposal Pembangunan SIAKAD
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan sistem
Menggali informasi dan data yang mendukung
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
Mendefinisikan kebutuhan sistem
Eksplorasi data dan landasan teori serta membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
Membuat perancangan basis data pada pembangunan SIAKAD
Membuat perancangan interface pada pembangunan SIAKAD
Membuat peracangan program pada pembangunan SIAKAD
Membuat perancangan infrastuktur basis data
Membuat perancangan sistem report data akademik
Menunjukan hasil perancangan kepada stakeholder
Pembuatan skenario pengujian atau trial SIM
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
Melakukan pelatihan kepada user
User & Admin Manual + Dokumen Program + Dokumentasi SOP
Dokumen Manajemen Proyek
Penerapan Sistem dan Pemeliharaan
Melakukan Administrasi Proyek & mendokumentasikannya



Pengurutan Aktivitas
Segala aktivitas yang telah didaftar pada poin 1, kemudian disusun secara sekuensial dari awal dan mengelompokkan tiap-tiap aktivitas menjadi Tahap dan Milestones.

Keterangan : kalimat cetak tebal adalah nama proyek, tahap, dan sub tahap tergantung dengan indentasi. Sementara kalimat cetak normal adalah milestones dari setiap tahap.


Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan
Sistem Informasi Akademik Jurusan Teknik lndustri Universitas Widyatama
Konsep
Penggalian Kebutuhan
Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
Membuat Pengajuan Proposal Pembangunan SIAKAD
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan sistem
Menggali informasi dan data yang mendukung
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
Mendefinisikan kebutuhan sistem
Analisis Kebutuhan
Analisis Penyusunan hasil penggalian kebutuhan
Evaluasi kebutuhan dengan stakeholder
Pembuatan dokumentasi kebutuhan
Perancangan
Membuat perancangan basis data pada pembangunan SIAKAD
Membuat perancangan interface pada pembangunan SIAKAD
Membuat peracangan program pada pembangunan SIAKAD
Membuat perancangan infrastuktur basis data
Implementasi Sistem
Implementasi sistem & interface dari hasil perancangan yang disetujui stakeholder
Penggabungan sistem dan interface
Uji  Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
Evaluasi kepada stakeholder
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
Roll Out
Mencari jasa hosting
Membeli jasa hosting
Mendeploy sistem informasi akademik borland delphi
Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
Testing
Pembuatan skenario pengujian
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
Documenting
User & Admin Manual + Dokumen Program + Dokumentasi SOP
Dokumen Manajemen Proyek
Maintenance
Penerapan Sistem dan Pemeliharaan
Administration
Melakukan Administrasi Proyek & mendokumentasikannya
      




Estimasi Sumber Daya Aktivitas (sesuai dengan Project Charter)
      a.       Bahan
                                                         i.            Dokumen SKPL
                                                       ii.            Dokumen DPPL  

       b.Tenaga Kerja
                                                         i.            Project Manager
                                                       ii.           Application Developer
                                                     iii.            Application Designer
                                                     iv.            Application Analyst
                                                       v.            Dokumentator
                                                     vi.            Tester
      c. Alat
                                                         i.            Hardware
1.         PC/Laptop
2.         Server
                                                       ii.            Software
1.         Sublime Text 3
2.         XAMPP
3.         phpMyAdmin
4.         Pencil
5.         Ms. Office
6.     Borland Delphi



    Detail tanggung jawab untuk setiap kegiatan dapat dilihat pada tabel berikut:

     Departemental SOW  
     Owner/Prime
     Due Date/Sequence
      Interview kebutuhan stakeholder
     Project Manager, Stakeholder
      Melakukakan wawancara untuk mendapatkan kebutuhan utama
      Fitur-fitur mengenai profilling yang akan dibuat
      Application Developer, Stakeholder
      Tim web developer dan stakeholder mendiskusikan dan membuat requirement fitur-fitur apa yang diperlukan
      Melakukan desain interface sesuai dengan kebutuhan
      Application Designer, Stakerholder
      Web Designer dan Stakeholder bersama-sama mendisikusikan desain yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder namun tidak dapat keluar dari ruang lingkup yang terlah di sepakati.
      Deskripsi hasil kerja (spesifikasi kebutuhan, source code, test plan)
      Stakeholder, Tim proyek
      Pada tim proyek harus dapat mendiskripsikan dan mendiskusikan kepada stakeholders mengenai asumsi projek yang dibuat
      Estimasi usaha setiap work product tersebut
      Project Manager
     Project manager memilih seorang moderator dan tim estimasi yang terdiri atas 3 hingga 7 orang. Jika tim yang telah dipilih merasa bahwa dokumen vision dan scope kurang memberikan informasi, maka project manager harus
      memperbaiki dokumen tersebut
     Testing aplikasi
     Tester
      Melakukan uji coba terhadap aplikasi yang terlah dibuat
     Implementasi aplikasi web
     Tim Proyek
      Tim melakukan implementasi aplikasi web

.      4. Estimasi Durasi Aktivitas 
      Durasi setiap aktivitas diestimasi berdasar kesulitannya dan kerumitan antar yang bertanggung jawab. Aktivitas yang hanya dipegang oleh satu pihak tentu lebih cepat daripada aktivitas yang berhubungan dengan berbagai pihak.


     Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan
Durasi
(Hari)
     Sistem Informasi Akademik Jurusan Teknik lndustri Universitas Widyatama
              121
     Konsep
               21
     Penggalian Kebutuhan
               14
    Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
                1
     Membuat Pengajuan Proposal Pembangunan SIAKAD
                2
     Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan sistem
                1
     Menggali informasi dan data yang mendukung
                4
     Mendefinisikan kebutuhan pengguna
                3
     Mendefinisikan kebutuhan sistem
                3
     Analisis Kebutuhan
                7
     Analisis Penyusunan hasil penggalian kebutuhan
                3
     Evaluasi kebutuhan dengan stakeholder
                3
     Pembuatan dokumentasi kebutuhan
                1
      Perancangan
               14
     Membuat perancangan basis data pada pembangunan SIAKAD
                3
     Membuat perancangan interface pada pembangunan SIAKAD       
                4
     Membuat peracangan program pada pembangunan SIAKAD
                4
     Membuat perancangan infrastuktur basis data
                3
     Implementasi Sistem 
               30
     Implementasi sistem & interface dari hasil perancangan yang disetujui stakeholder
               15
     Penggabungan sistem dan interface
                8
     Uji  Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
                7
     Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
                7
     Evaluasi kepada stakeholder
                2
     Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
                5
     Roll Out
                7
     Mencari jasa hosting
                1
     Membeli jasa hosting
                1
     Mendeploy sistem informasi akademik borland delphi
                3
     Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
                2
Testing
         14
Pembuatan skenario pengujian
          2
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
          7
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
          5
Documenting
          7
     User & Admin Manual + Dokumen Program + Dokumentasi SOP
                4
     Dokumen Manajemen Proyek
                3
     Maintenance
               14
     Penerapan Sistem dan Pemeliharaan
               14
     Administration
                7
     Melakukan Administrasi Proyek & mendokumentasikannya
                7

     5. Pengembangan Jadwal



      No.
      Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan
Durasi
(Hari)
Mulai
Selesai
Predecessors
        1
      Sistem Informasi Akademik Jurusan Teknik lndustri Universitas Widyatama
         121
     19 Maret 2016
     17 Juli 2016

        2
      Konsep
          21
     19 Maret 2016
     8 April 2016

        3
      Penggalian Kebutuhan
          14
     19 Maret 2016
     1 April 2016

       4            
 Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
           1
  19 Maret 2016
  19 Maret 2016
         
5    Membuat Pengajuan Proposal Pembangunan SIAKAD
           2
     20 Maret 2016
     21 Maret 2016

        6
     Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan sistem
           1 
     22 Maret 2016
     22 Maret 2016

        7
     Menggali informasi dan data yang mendukung
          4
     23 Maret 2016
     26 Maret 2016

        8
     Mendefinisikan kebutuhan pengguna
          3
     27 Maret 2016
     29 Maret 2016
     4,5,6,7
        9
     Mendefinisikan kebutuhan sistem
          3
     30 Maret 2016
     1 April 2016
     4,5,6,7
       10
     Analisis Kebutuhan
          7
     2 April 2016
     8 April 2016
      3
       11
     Analisis Penyusunan hasil penggalian kebutuhan
          3
     2 April 2016
     4 April 2016
      3
      12
     Evaluasi kebutuhan dengan stakeholder
          3
     5 April 2016
     7 April 2016

      13
     Pembuatan dokumentasi kebutuhan
          1
     8 April 2016
     8 April 2016
      3
      14
     Perancangan
         14
     9 April 2016
     22 April 2016
      2
      15
     Membuat perancangan basis data pada pembangunan SIAKAD
          3
     9 April 2016
     11 April 2016
      2
      16
     Membuat perancangan interface pada pembangunan SIAKAD
          4
    12 April 2016
     15 April 2016
      2
      17
     Membuat perancangan program pada pembangunan SIAKAD
          4
    16 April 2016
     19 April 2016
      2
      18
     Membuat perancangan infrastuktur basis data
          3
     20 April 2016
     22 April 2016
      2
      19
     Implementasi Sistem
         30
     23 April 2016
     22 Mei 2016

      20
     Implementasi sistem & interface dari hasil perancangan yang disetujui stakeholder
         15
     23 April 2016
     7 Mei 2016
    15,16,17,18
      21
     Penggabungan sistem dan interface     
          8
     8 Mei 2016
     15 Mei 2016
     20
      22
     Uji  Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
          7
     16 Mei 2016
     22 Mei 2016
      23
     Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
          7
     23 Mei 2016
    29 Mei 2016
     19
      24
     Evaluasi kepada stakeholder
          2
     23 Mei 2016
     24 Mei 2016

      25
     Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
          5
     25 Mei 2016
     29 Mei 2016
      26
     Roll Out
          7
     30 Mei 2016
     5 Juni 2016

      27
     Mencari jasa hosting
          1
     30 Mei 2016
     30 Mei 2016

      28
     Membeli jasa hosting
          1
     31 Mei 2016
     31 Mei 2016
      27
      29
     Mendeploy Sistem Informasi Akademik Jurusan Teknik lndustri Universitas Widyatama
          3
     1 Juni 2016
     3 Juni 2016
      19
      30
     Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
          2
     4 Juni 2016
     5 Juni 2016

31
Testing
   14
6 Juni 2016
19 Juni 2016

32
Pembuatan skenario pengujian
    2
6 Juni 2016
7 Juni 2016
19
33
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
    7
8 Juni 2016
14 Juni 2016

34
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
    5
15 Juni 2016
19 Juni 2016

35
Documenting
    7
20 Juni 2016
26 Juni 2016

      36
     User & Admin Manual + Dokumen Program + Dokumentasi SOP
          4
     20 Juni 2016
     23 Juni 2016

      37
     Dokumen Manajemen Proyek
          3
     24 Juni 2016
     26 Juni 2016

      38 
     Maintenance
         14
      27 Juni 2016
     10 Juli 2016

      39
     Penerapan Sistem dan Pemeliharaan
         14
     27 Juni 2016
     10 Juli 2016

      40
     Administration
          7
     11 Juli 2016
     17 Juli 2016
  
      41
     Melakukan Administrasi Proyek & mendokumentasikannya
          7
     11 Juli 2016
     17 Juli 2016


   Gantt Chart




No comments:

Post a Comment